Jumat, 18 September 2015

BELAJAR SENDIRI SERVICE WATER HEATER GAS CARA MENGGANTI PEMANTIK WATER HEATER GAS / CONTROLER PULSE IGNITER

kali ini saya coba membagikan langkah-langkah cara melakukan perbaikan water heater tipe gas, tulisan ini saya buat karena sebelumnya banyak dari pembaca internet yang menanyakan cara memasang pulse igniter (pematik api) yang sebenarnya adalah sesuatu yang mudah. Kenapa saya katakan mudah karena kemungkinan salahnya sangat sedikit.
pulse igniter (pematik api)
Artinya jika sebelum penggantian Anda terlebih dahulu memperhatikan letak dan konfigurasi kabel dari pematik maka saya jamin Anda tidak akan bingung apalagi salah. Kuncinya adalah perhatikan dulu posisi-posisi kabel!! Jika Anda pelupa atau mudang bingung, buat catatan, kabel warna apa kemana, warna apa kemana.. begitu. Oke langsung ke langkah-langkah pemasangan.. 


  1. Lepaskan tombol putar pada penampang depan WH, tombol ini adalah untuk menyetel keluaran gas LPG, untuk mengatur suhu (min – max) dan untuk mengatur aliran air.
  2. Buka baut pengunci bagian bawah, kanan dan kiri.
  3. Angkat casing depan kemudian dengan sedikit terbuka lepaskan socket panel suhu yang terhubung ke casing depan.
  4. Oke WH telah tebuka, Anda bisa melihat bagian dalam yang ternyata adalah kompor gas biasa dengan bentuk yang sedikit unik.
  5. Sekarang anda fokus pada kontroler dengan box warna coklat muda atau putih, yang pasti banyak kabel yang keluar dari sini.
  6. Lepaskan socket thermostat pada pipa bagian kanan atas, jika sulit gunakan obeng negatif – untuk mendorong.
  7. Lepaskan socket battery pada bagian atas battery.
  8. Lepaskan socket magnetic valve, switch air dan kabel ground untuk body. Kabel ground biasanya dibaut, lepaskan dengan obeng positif +
  9. Lepaskan pin pematik, baik pin utama maupun pin tambahan
  10. Pastikan semua kabel telah terlepas.
  11. Lepaskan kontroler (pulse igniter) dengan melepas 2 baut pengait dibagian atas dan bawah.
  12. Tarik dengan hati-hati, jika kabel masih tersangkut jangan dipaksa untuk ditarik dengan kuat. Lepaskan lilitan yang tersangkut baru ditarik.
  13. Siapkan Pulse Igniter (kontroler WH) yang baru. Jika Anda kesulitan untuk mencari spare part ini silahkan HUB Kami sedia seluruh spare part water heater gas di semarang dan siap kirim ke seluruh nusantara ingat "sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain."  lanjut tahap berikutnya.
  14. Pasang Pulse Igniter (kontroler WH) dengan 2 baut bagian atas dan bawah.
  15. Pasang ground wire dengan baut positif, pastikan terpasang dengan kencang (tidak longgar, karena jika longgar percikan api tidak akan terjadi dengan sempurna)
  16. Pasang socket magnetic valve, socket ini berwarna hitam memiliki 3 kabel dengan warna hitam-hitam-hijau.
  17. Pasang socket switch air, socket ini berwarna putih dengan kabel merah-kuning
  18. Pasang socket battery, socket ini diselubungi karet/plastik tipe socket jepit dengan kabel warna hitam-kuning atau hitam-merah.
  19. Pasang socket thermostat, socket jepit dengan selubung karet/plastik warna kabel hitam-hotam atau putih-putih
  20. Pasang pin pematik utama, pastikan tinggi jarum dengan body negatif tidak terlalu tinggi.
  21. Pasang pin pematik tambahan, ketinggian juga diseragamkan dengan pin utama.

Sampai disini pemasangan sudah selesai, sebelum casing ditutup lebih baik Anda coba terlebih dahulu fungsi dari WH, nyalakan air atau pompa air pendorong atau saklar. Pastikan api menyala. Atur tingkat nyala api dengan tombol putar. Jika panas sudah dirasa cukup, setelan berarti sudah pas.
Selamat mencoba, jika belum berhasil mungkin ada penyebab yang lain. silahkan baca artikel sebelumnya 

BELAJAR / TUTORIAL SERVICE WATER HEATER GAS LOW PRESSURE DAN HIGH PRESSURE SENDIRI


untuk penjelasan kerusakan dan cara pemasangan spare part yang Anda beli dari DNS TEKNIK bergaransi dan akan selalu dipandu dalam pemasanganya sampe unit water heater anda normal kembali.TERIMA KASIH.

"sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain." 
KONSULTASI KERUSAKAN GRATIS DAN RESPON CEPAT
BBM
7d2d1f1b

CALL/SMS

024 70542124

089 8655 9266

15 komentar:

  1. Mau nanya gan untuk pematik api kisaran hargane berapa ya merknya rinnai

    BalasHapus
  2. Permisi gan. Sy punya merk wasser gas, menggunakan air tandon dengan ketinggian 3m, ketinggian mesin 2m apa penyebab api tdk bisa menyala.? Mohon bantuannya gan.

    BalasHapus
  3. Klo saya abis ganti modul pemantik cuma bisa nyala 1/2 hari abis itu mati lagi...klo di lepas diemun sehari pasang lagi ntar pemantiknya bisa nyala lagi kenapa ya... Batere udah ciba ganti tetep kaya gitu..apa pemantik barunya yg jelek ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cara ngetesnya ditunggingin ntar klo bunyi cetek cetek brarti pemantik nyala klo ngga bunyi brati pemantik mati..abis pakai malem pasti paginya ngga nyala...begitu water heater dilepas didiemin sehari trus pasang batere lagi ntar pemantiknys bisa nyala lagi..kira2 apanya yg hrs ganti lagi..ini modulnya baru saya ganti krn sebelymbnya malah mati total..

      Hapus
  4. Mau tanya gan... nglepas baterainya sih bagaimana ya...tinggal cabut aja tau harus lepas baut di bawah baterai itu...soalnya baterai susah di lepas...

    BalasHapus
  5. Mau tanya gan... nglepas baterainya sih bagaimana ya...tinggal cabut aja tau harus lepas baut di bawah baterai itu...soalnya baterai susah di lepas...

    BalasHapus
  6. kok ndak ada indicator batrai ya di paloma lampunya gak nyala padahal gas full batrai baru tekanan air dari jetpum sangat kencang tp kok gak nyala

    BalasHapus
  7. itu apa bisa buat kompor friyer chiken gas dan apa sampean punya no WA

    BalasHapus
  8. itu apa bisa buat kompor friyer chiken gas dan apa sampean punya no WA

    BalasHapus
  9. Gan mau nanya,kalau pematik api tidak nyala.solenoid valve kerja/bunyi cetak cetek apa harus ganti pulse igniter.trim balasanya

    BalasHapus
  10. Mau tanya gan, kalo heater gas merk wasser gk mau nyala otomatis itu apa controler nya rusak / harus ganti baru ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya membrannya kotor,coba bersihkan insyaAlloh bisa,maaf itu pengalaman q dlm perbaiki wather heater.

      Hapus
  11. Kalo punya blog ga diurusin, mbok ndak usah bikin blog
    Banyak yang nanya didiemin aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wonge ijek turu 😀😀😀😀😀😀😄😃

      Hapus